Rabu, 06 Oktober 2010

Sistem Pelaksanaan Proyek


Pada artikel ini saya akan mengulas tentang system monitoring kerja, system adalah kumpulan unsur- unsure yang salaing berkaitan untuk mencapai suatu tujuan.
Siklus Pembuatan system monitoring kerja
Pada tahap pertama yaitu data didapat dari proyek yang ingin dibuat, misalnya pada tahap ini ingin dibuatkan server dan pengembangannya. Pihak vendor ingin pekejaan ini tepat waktu dan sesuai dengan rencana yang ditetapkan dari masing-masing pihak. Setelah tahap perolehan data didapat, data tersebut diproses menggunakan applikasi pengolah data project yaitu Microsoft project.

1.1 program kerja
Pada ms.project ini dibuatkan (PEP) Project eksekusi plan atau membuat rencana awal, rencana ini dibuat untuk memonitoring pekerjaan yang telah berlangsung, siapa saja yang terlibat dalam pekerjaan tersebut.  Pada pembuatan ini didapat dari kesepakatan dari kedua belah pihak. Bagian pada data yang telah diinput tadi diproses disini.
Proses program kerja
Program kerja di rencanakan agar dalam menjalankan proyek dapat selesai dengan tepat waktu. Dapat dilihat pada gambar 1.1 setiap task atau tugas dimulai dari start , didalam task start terdapat duration, start dan finish. Durasi ini didapat dari awal (start) hingga berakhir (finish),  duration pada setiap task menginformasikan kapan setiap task mulai dan berakhir.
Pada proses selanjutnya dimasukan daftar nama yang terlibat dalam proyek secara keseluruhan.













Setelah memasukan nama-nama orang yang terlibat pada proyek dan bobot telah dimasukan, Pada setiap task juga dimasukan daftar nama yang terlibat, jadi setiap task dimasukan nama –nama yang terlibat juga dan siapa saja yang mendapatkan bobot terbesar dalam melakukan tugas tersebut. Misalnya terlihat pada gambar :

 Nah , terlihat pada gambar bobot masing – masing tugas , 50 % untuk orang yang terlibat dalam pengerjaannya dan 5% untuk orang yang terlibat dalam pengesahan dari task tersebut.
Setelah data-data telah dimasukan pada proses selanjutnya dilakukan progress tracking, progress tersebut digunakan untuk memonitoring pekerjaan sampai dimana perkerjaan tersebut telah selesai atau belum tuntas. Progress ini dikerjaan pada setiap tugasnya yang telah dikerjaakan. Contohnya

Terlihat pada gambar diatas “% complete  = 50%” ini menandakan task tersebut belum tuntas dikerjakan. Pada gambar terlihat current , baseline, actual, current adalah waktu yang telah direncakan pada proyek. Baseline adalah pembatas yang membatasi task tersebut seberapa besar ketelatan dari pekerjaan atau  pekerjaan lebih cepat. Actual adalah tanggal dimana proyek atau task tersebut telah selesai. Dapat dilihat pada gambar
Start = current
Pada gambar tersebut terlihat tanggal dari baseline dan actual sama berarti proyek berlangsung sesuai dengan rencana.
Output dari aplikasi diatas dapat berupa gambar yang sehingga dapat dengan mudah proyek yang sedang berlangsung.
Data-data diatas sudah diolah memjadi suatu informasi yang informasinya dapat digunakan oleh orang-orang yang terlibat didalamnya .

Terima kasih sudah membaca artikel ini kurang lebihnya saya mohon map . . . . . .


0 komentar:

Posting Komentar

Share IT is Easy !!!! Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger